Skip to content

Sedang Mencari Distributor Genset Jakarta? Ketahui Dulu Jenis-jenis Genset yang Ada di Pasaran

  • by
teknisi listrik

Genset adalah penyedia listrik alternatif yang menggunakan bahan bakar untuk mengaktifkan mesin yang nantinya akan menghasilkan listrik. Genset ini sangat diperlukan untuk restoran, toko, bahkan rumah terutama ketika terjadi mati listrik. Jika Anda sedang mencari distributor genset Jakarta, Anda perlu mengetahui berbagai jenis genset tergantung bahan bakarnya.

Genset Berbahan Bakar Solar

Genset yang paling banyak dibeli dan digunakan sekarang adalah genset dengan bahan bakar solar atau biasa disebut dengan genset diesel. Genset diesel ini paling populer karena harganya yang paling murah dan bisa menghasilkan jumlah tenaga listrik yang cukup besar yaitu antara 10 KVa sampai 100 KVa.

Karena harganya yang paling murah di antara genset lain, genset diesel ini paling cocok untuk bisnis-bisnis kecil. Namun genset diesel ini memiliki kekurangan yang cukup signifikan yaitu emisi yang dihasilkan tergolong cukup tinggi begitu juga dengan suara yang bising ketika beroperasi. Genset diesel akan berkontribusi terhadap baik polusi udara dan suara.

Genset Berbahan Bakar Bensin

Selain solar, ada juga genset yang beroperasi menggunakan bahan bakar bensin yang secara popularitas masih di bawah genset diesel dengan bahan bakar solar. Pada genset dengan bahan bakar bensin, biasanya ada dua jenis berdasarkan mesinnya yaitu 2 tak dan 4 tak.

Jika Anda tertarik menggunakan genset ini dan mencarinya di distributor genset Jakarta, Anda perlu tahu bahwa perbedaan dari keduanya. Genset dengan mesin 2 tak akan menghasilkan daya listrik yang lebih kecil daripada genset bermesin 4 tak. Maka dari itu, sebelum memilih yang tepat, pastikan dulu Anda sudah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Genset Berbahan Bakar LPG

Tidak hanya solar dan bensin, banyak yang belum tahu bahwa ada juga genset yang bekerja dengan menggunakan bahan bakar liquid gas atau biasa disebut dengan LPG. Dari segi emisi, genset ini adalah genset dengan tingkat emisi paling rendah sehingga paling direkomendasikan dalam upaya pengendalian polusi dan pelestarian lingkungan.

Namun sayangnya, genset berbahan bakar LPG ini memiliki harga yang sangat mahal sehingga tidak terjangkau oleh kebanyakan orang. Tidak hanya itu, biaya pemasangan dan perawatannya pun juga cukup tinggi karena membutuhkan orang-orang profesional. Oleh karena itu, genset ini biasanya hanya akan digunakan oleh bisnis-bisnis besar seperti hotel bintang lima atau rumah sakit besar. 

Itu dia berbagai jenis genset yang ada di pasaran berdasarkan bahan bakar yang digunakan. Sebelum mencari distributor genset Jakarta dan memilih genset untuk Anda, pastikan bahwa Anda sudah mengerti betul kebutuhan Anda sehingga bisa memilih genset yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.